Awas Kena ‘Neraka’ Macet! Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran

Kepadatan di jalan Tol Cikampek, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). (Anadolu Agency via Getty Images)

Hari ini, Selasa (25/04/2023) diprediksi menjadi puncak arus balik Lebaran. Kementerian Perhubungan sudah melakukan antisipasi untuk mencegah terjadinya ‘neraka’ macet terutama di jalan tol dan beberapa titik rawan lainnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau agar para pemudik tidak melakukan perjalanan balik hari ini agar lalu lintas tidak terlalu padat.

“Saya menyampaikan kembali pesan dari Bapak Presiden Joko Widodo, https://linkalternatifkas138.store/¬† yang menganjurkan masyarakat untuk melakukan perjalanan balik mulai Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu (26 sampai 29 April 2023), agar kepadatan tidak menumpuk di puncak arus balik,” ungkap Budi Karya dalam keterangannya.

Selain mengimbau masyarakat untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik, Budi Karya juga menyampaikan sejumlah catatan yang harus diantisipasi pada masa arus balik. Yang pertama yaitu, selalu memantau update informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa perairan pada hari ini.

“Dari data BMKG di pantai barat Sumatera dan pantai selatan Jawa terjadi gelombang tinggi di atas 2,5 meter yang harus diwaspadai. Tetapi, alhamdulillah di Merak – Bakauheni dan Ketapang – Gilimanuk gelombang masih relatif aman untuk dilakukan perjalanan,” imbuhnya.

Sementara itu Budi Karya menyampaikan pada arus mudik tahun ini, jumlah kecelakaan lalu lintas menurun cukup siginifikan yaitu 33% dibandingkan tahun 2022 lalu.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat yang sudah melakukan perjalanan mudik dengan hati-hati. Semoga angka ini tidak meningkat pada arus balik nanti,” tutupnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*