Cek Selfie Pilot Jet Tempur AS dengan Balon Mata-Mata China!

Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam beberapa hari terakhir, sebuah foto selfie pilot jet pesawat tempur Amerika Serikat viral. Alasannya, sang pilot berhasil mengambil selfie dirinya di kokpit sebelum balon mata-mata China tersebut ditembak jatuh.
Seorang pilot angkatan udara AS mengambil foto diri saat jet yang dia kendalikan melesat melewati balon mata-mata China yang telah ditembak jatuh pada 3 Februari 2023 lalu.

Pentagon telah memberikan konfirmasi bahwa foto tersebut asli dan telah disebarluaskan untuk publik.

Foto tersebut ternyata diambil sehari sebelum balon mata-mata China ditembak jatuh oleh seorang anggota skuadron Airlift Wing 94 di angkatan udara AS.

Sang pilot menunggangi Lockheed U-2, pesawat jet mesin tunggal pengintai yang bisa di ruang udara tinggi (high altitude).

Balon mata-mata China memang mendominasi pemberitaan di Amerika Serikat sepanjang Februari. Angkatan udara AS ditugaskan mengawal hingga menembak jatuh perangkat tersebut.

Selain balon yang melewati wilayah udara AS pada 3 Februari, pesawat jet AS juga menembak jatuh tiga balon lainnya yang sepertinya tidak terkait dengan pemerintah China.

Salah satu balon disebut hanya balon cuaca milik kelompok hobi radio HAM. Balon cuaca itu, dikenal sebagai balon Pico, harganya hanya sekitar US$30 (sekitar Rp 430.000).

Biasanya sebuah balon Pico dilengkapi dengan perangkat sistem GPS untuk menangkap dan memproses data cuaca, yang harganya hanya sekitar US$300 (US$ 4,3 juta).

Sebagai perbandingan, AU AS menggunakan rudal AIM-9X Sidewinder yang harganya sekitar US$400.000 (sekitar Rp 6 miliar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*