FIFA Biayai Bangun Lapangan Sepakbola di IKN, Ini Lokasinya

Jakarta, CNBC IndonesiaPemerintah Republik Indonesia akan membangun training center sepak bola di Ibu Kota Negara Nusantara, Kalimantan Timur. Pembangunan itu dibiayai sepenuhnya oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).
“Tempat pelatihan sudah ditetapkan, dicoba diarahkan dibangun di wilayah 1B dan 1C, jadi kita sekarang siapkan perencanaannya dan akan segera mulai pelaksanaannya,” ungkap Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Danis Sumadilaga sebagai kepada CNBC Indonesia, Jumat (24/2/2023).

Selain lapangan sepak bola, wilayah 1B dan 1C juga berisi fasilitas pendidikan dan kesehatan, dan ada juga sebagian untuk housing. Sedangkan wilayah IA untuk kantor pusat pemerintahan serta Istana Kepresidenan. Selain Istana, Presiden Joko Widodo juga menaruh perhatian pada pembangunan training center ini.

“Secepat-cepatnya di 2023 ini kita siapkan, area sedang disiapkan 1B dan 1C. Kita sudah masuk land development 1B dan 1C. Land development akhirnya kavling-kavling area, ini area RS, ini pendidikan, itu sedang dikerjakan training facility dengan FIFA. Kriterianya ada 8 lapangan. Kita sudah pengalaman perbaiki stadion,” sebutnya.

Luas lapangan sepakbola ini tergolong besar, mencapai puluhan hektar. Karena itu perlu perencanaan matang dalam mempersiapkan hingga membangun fasilitasnya.

“Nanti siapkan areanya kalau gak salah areanya 30 Hektar. Itu yang akan didiskusikan training facility kalau gak salah ada lapangan kecil 8. Bukan untuk stadion bertanding kalau gak salah, ini yang akan ngobrol dengan PSSI tim Pak Erick,” ujar Danis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*