LPS Proyeksi Pertumbuhan DPK Tahun Ini 6%

LPS Proyeksi Pertumbuhan DPK Tahun Ini 6%

Ketua Dewan Komisaris LPS, Purbaya Yudhi Sadewa saat Konferensi Pers KSSK: Hasil Rapat Berkala KSSK IV Tahun 2023. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkirakan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 6% pada tahun ini.

Dengan demikian selisih pertumbuhan antara DPK dengan kredit diperkirakan masih terbilang lebar.

Sebagai informasi Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan kredit tumbuh dua digit pada tahun ini.

Adapun sepanjang 2023, DPK industri perbankan naik 3,73% secara tahunan (yoy). Pertumbuhan DPK tersebut jauh lebih kecil dibandingkan kredit yang melesat 10,38% yoy.

Ketua https://hellokas.store/ Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan kendati selisih pertumbuhan DPK dengan kredit terbilang lebar, tetapi likuiditas perbankan dalam level yang memadai.

“Likuiditas memadai AL/NCD 107,08% dan AL/DPK 28,73% pada Desember 2023. Ini relatif tinggi di atas threshold 50% dan 10%,” kata Purbaya dalam konferensi pers tingkat bunga penjaminan Januari 2024, Senin (30/1/2024).

Adapun Purbaya menjabarkan  bahwa per Desember 2023, tabungan masyarakat dengan tiering nominal kurang dari Rp 100 juta mulai bergerak naik. Ini menjadi indikator perbaikan ekonomi pada masyarakat lapis bawah.

“Masyarakat bawah sudah merasakan dampak perbaikan ekonomi, jadi sudah bisa tambah tabungan,” katanya.

Kontras, tabungan dengan tiering nominal lebih dari Rp 5 miliar dalam tren yang menurun. Pada tahun lalu pertumbuhannya sekitar 14% hingga 15%, sedangkan per Desember 2023 hanya 3,51% yoy.

Purbaya menilai hal itu menjadi indikasi bahwa korporasi, mayoritas nasabah dengan tiering nominal tabungan lebih dari Rp 5 miliar, menggunakan dana sendiri dibandingkan mengambil kredit di bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*